GOA LOGUANG

|



Kabupaten Sijunjung katanya tidak memiliki potensi wisata.
Padahal sebenarnya, potensi tersebut amat banyak.

Di antaranya goa dan air terjun tujuh tingkat. Goa (Ngalau) Loguang begitu masyarakat Aieangek menyebutnya. Goa dengan panjang 7 Km ini memiliki satu pintu masuk dan memiliki enam jendela. Pintu masuk di dilengkapi tangga pengaman, sementara jendela dapat digunakan sebagai pintu keluar.Goa ini amat indah.

Ornamen-ornamen yang bergelantungan, stalaktit dan stalakmit menyebar bebas dengan
berbagai bentuk dan warna yang mempesona. Goa ini masih hidup, sebab di dalamnya ada sungai kecil yang mengeluarkan gemercik air dingin. Lebih takjubnya, sungai kecil dalam goa gelap tersebut dihiasi berbagai jenis ikan dan binatang jinak lainnya.

Selain
menikmati pemandangan dalam goa, di tengah ngalau Anda akan menemukan hamparan datar yang luas yang dapat dijadikan tempat santai bagi keluarga.

Hamparan ini kerap kali digunakan
sebagai lokasi kemping bagi kelompok anak muda. Udara yang sejuk tetap dapat dinikmati di dalam ngalau ini, karena angin masuk dari jendela dan pitu masuk. Berbagai kicau burung juga akan dapat kita dengar sebagai nyanyian pagi hari.

Goa ngalau berjarak 20 Km dari
pusat ibukota Kabupaten, Muaro Sijunjung.Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua ataupun berjalan kaki. Nagalau Loguang yang terletak diantara dua pemandian air panas serta hutan lindung yang ini, dialiri air sungai Tanggalo. Goa ini cocok dijadikan alternatif kawasan wisata.

Di sepanjang
perjalanan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam aneka flora dan fauna yang tergolong unik dan hanya satu-satunya ada di kawasan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

DI COMMENT YA