Tips Untuk Perjalanan

|

Photobucket
OSRA AUTO RENTAL PADANG
get islamic animation at amatullah83.blogspot.com
Selalu awali Perjalanan Mu dengan membaca Doa sebelum Berangkat kemanapun


Tips untuk kendaraan Anda :

Tune up mesin
Sebelum berangkat, sebaiknya mesin di tune up lebih dulu, seperti mengganti oli mesin, transmisi, dan gardan. Cek kualitasnya jika waktu pergantiannya belum lama. Pastikan tidak ada kebocoran. Untuk menghindari slip, periksa performa kopling, apakah terdapat tanda-tanda slip atau tidak. Bila plat kopling tipis atau terbakar, ganti dengan plat kopling yang baru. Pemilik kendaraan harus memeriksa kinerja rem dan kualitas minyak rem. Periksa apakah terjadi kebocoran.

Ganti seal rem
Ganti seal rem bila telah aus Yang juga penting adalah memeriksa keseimbangan roda-roda (spooring) dan kondisi ban. Kondisi ban yang jelek memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Disarankan untuk memperhatikan atau memeriksa bearing roda depan maupun belakang. Di bagian dalam, cek kerja power steering. Cek volume pelumas maupun kualitasnya. Teliti lagi, apakah ada kebocoran minyak power steering.

Periksa sistem kelistrikan
Yang sama pentingnya bagi Anda, periksa sistem kelistrikan, seperti baterai, penerangan, pengisian, dan wiper. Setelah itu, periksa kondisi bagian kolong. Pastikan tidak ada baut atau mur yang kendor. Pastikan juga tidak ada kebocoran oli maupun bahan bakar.

Siapkan alat kendaraan
Jangan lupa siapkan alat-alat di kendaraan, antara lain dongkrak beserta tangkainya, kunci roda, kunci-kunci standar, lampu kerja/senter. Bawalah buku servis atau alamat jaringan servis merek kendaraan yang Anda pakai.


Mengemudi dengan konstan
Selama di perjalanan, sebisa mungkin mengemudikan kendaraan dengan konstan yakni tidak melakukan akselerasi mendadak maupun mengerem mendadak. Ini merupakan salah satu cara mengirit bahan bakar. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan, agar dapat menghindar bila terdapat lubang atau hambatan di depan. Ikuti marka dan rambu jalan.

Kosongkan kursi deret belakang
Sebaiknya kursi deret paling belakang tidak diisi penumpang. Pergunakanlah sebagai tempat barang, terutama bila mobilnya tidak memiliki rak barang di atas. Bagi pengemudi, selama volume oli dan air pendingin tidak kurang, engine tidak akan mengalami masalah dalam perjalanan.



Tips Untuk Mudik :

Cari informasi
Melakukan observasi kecil-kecilan merupakan tahap yang sangat penting karena bisa membantumu menentukan destinasi wisata yang diinginkan, biaya yang dibutuhkan, transportasi yang akan digunakan, akomodasi, hingga aturan-aturan lain yang terkait. Informasi bisa didapat melalui internet dan forum-forum diskusi seputar travel. Di forum seputar traveling itulah biasanya kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama denganmu yaitu berpergian. Disini, kamu bisa bertanya langsung segala hal seputar informasi traveling. Informasi yang perlu kamu ketahui lainnya adalah seputar hukum dan adat-istiadat yang berlaku di tempat yang kamu kunjungi, terutama yang berkaitan dengan alkohol, obat terlarang dan jam malam.

Persiapan Mental dalam perjalanan
Untuk itu, sebelum bepergian selain kesiapan mental dan fisik, faktor kesiapan kendaraan mutlak diperlukan supaya pengemudi merasa aman dan nyaman selama perjalanan. Sebab, faktor kondisi jalan dan cuaca tidak dapat dikesampingkan oleh pengendara.

Persiapkan Uang minimal cukup Untuk transportasi Pulang dan pergi
Sebelum kamu berpergian tentu persiapan keuangan harus disusun secara matang. Tapi tidak perlu takut ataupun bingung memikirkan keuangan nanti selama berpergian. Satu tips yang bisa tim Rileks.com berikan adalah persiapkan dana awal minimal cukup untuk transportasi pulang pergi. Urusan biaya selama disana, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain bisa dipirkan selama mempersiapkan perjalanan. Pada masa ini cobalah berbagai peluang memperoleh tambahan uang jajan bisa dengan mengajar les, menjadi volunteer event, menjual buku-buku bekas, hingga usaha-usaha lain yang bisa menambah pundi-pundi danamu. Oleh karena itu, sangat penting kita merencanakan perjalanan jauh-jauh hari.

Pesan tiket transportasi secepatnya
Setelah kamu memastikan waktu keberangkatanmu, segera booking tiket transportasi secepatnya. Apalagi jika kamu berencana menggunakan pesawat. Harga tiket pesawat selalu naik setiap menitnya. Semakin mendekati hari keberangkatan maka akan semakin tinggi pula harganya. Selain itu, memesan tiket pesawat secepatnya setelah ditentukan waktu berlibur justru bisa berdampak psikologis yang baik. Dengan memesan tiket, menandakan kebulatan hatimu untuk tetap berpergian. Ini bisa menjadi motivasi yang baik dalam mengumpulkan sisa biaya lainnya yang belum terpenuhi untuk kebutuhan di tempat tujuan.

Persiapkan Barang secukupnya
Barang-barang yang wajib dibawa adalah peta, buku panduan berbahasa (jika berkunjung ke luar negeri), kacamata hitam, lensa kontak cadangan, dan P3K sederhana. Jangan lupa cek musim yang berlangsung di Negara tujuan. Jangan sampai kamu lupa membawa mantel tebal jika ternyata tempat tujuanmu sedang dalam musim dingin. Kalau sampai hal ini terjadi, jelas akan menambah biaya lagi karena harus membeli mantel baru. Barang terakhir yang paling penting tentu tiket transport, passport, dan kartu identitas. Di beberapa Negara, ada yang memberikan diskon khusus bagi para pelajar yang berpergian, biasanya di hostel-hostel tempat backpacker, maka dari itu jangan lupa juga untuk membawa kartu tanda mahasiswamu (siapa tahu berguna). Tiket, passport, serta kartu identitas lebih baik dimasukkan ke dalam satu tempat yang selalu kamu bawa kemana-mana.

Jangan membawa seluruh uang tunai mu
Jangan pernah membawa seluruh uang tunaimu terutama jika kamu hanya perlu membeli makan siang dan jajanan. Simpanlah dompet dalam kantung beresleting, lebih bagus lagi kalau kantung tersebut berada di dalam jaket. Jika kamu butuh menukarkan uang di luar negeri, pergilah hanya ke tempat penukaran uang.

Jangan Pernah sendirian.
Ini sangat penting. Di tempat yang baru, kota baru, kamu tidak tahu ancaman-ancaman bahaya apa yang bisa terjadi di waktu-waktu yang tidak bisa diduga. Jangan pernah sendirian dalam berpergian tetaplah selalu bersama kelompok. Jika kamu berencana menjadi solo traveler, cobalah berkenalan dengan orang-orang lokal atau pun sesama traveler dan mulailah berpergian bersama-sama.

Tempat Belanja
Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.

Tempat Wisata
Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.



Demikian Tips dari Kami, Semoga Kita tetap selalu berada dalam lindungan Tuhan selama Perjalanan.







print this page Print this page

2 komentar:

RANO mengatakan...

Bagus yaa,,tips nya,,,bermanfaat bagi saya

abu harits al asy'ril's dauly abatasa lc mengatakan...

dalam pengaturan sebagai ketua pemberagkatan tour padang

Posting Komentar

DI COMMENT YA